Puasa Sehat Ala Young Living

Tidak hanya kaum muslim saja yang menjalankan ibadah puasa, ternyata di ajaran agama-agama lain juga ada anjuran untuk berpuasa sesuai waktu dan kepercayaan masing-masing. Dalam rangka menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini, saya akan berbagi tips tentang puasa sehat ala YLEO (Young Living Essential Oil). Karena ternyata, oil-oil ini dapat digunakan untuk mendukung vitalitas kita selama menjalankan ibadah puasa.

Jadi, tips oil-oil yang akan saya bagikan ini bisa buat bekal kita dalam menjalani ibadah puasa supaya lebih khusyuk. Oil-oil yang bisa kita pakai untuk mendukung ibadah puasa sebagai berikut:

Peppermintpeppermint
Peppermint ini digunakan saat bangun tidur di waktu ingin sahur. Caranya dengan meneteskan 1-2 tetes di tangan, kemudian aktifkan EO (Essential Oil) dengan diusap 3 kali sesuai putaran jarum jam, setelah itu hirup oil-nya lalu oleskan di pelipis, tengkuk dan leher bagian depan untuk menyegarkan tubuh dan siap beraktifitas untuk menyiapkan hidangan sahur. Selain itu dapat juga dengan men-diffuse saat siang hari agar tidak merasa begitu lapar dan saat berbuka kita jadi tidak langsung makan banyak-banyak.

Orange / Citrus Fresh / Tangerine / Lemon citrus family
Ketika berbuka puasa pilihlah salah satu dari EO dari keluarga citrus untuk diteteskan pada air putih atau air kelapa. Caranya dengan meneteskan 1-2 tetes EO pada air putih atau air kelapa saat berbuka sebagai pengganti gula, karena rasa EO golongan citrus ini cenderung manis. EO ini dapat juga digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh atau menaikkan mood, dan untuk anak-anak usia di bawah 5 tahun sebaiknya dioles/diffuse saja.

Thieves+ Oregano + Frankincense  
Untuk menjaga imunitas tubuh selama menjalankan ibadah puasa dapat immunedilakukan dengan meminum vegetables capsul yang berisi: 4 tetes thieves + 4 tetes oregano + 2 tetes frankincense, kapsul ini diminum 1 kali saat sahur guna menjaga daya tahan tubuh. Namun jika tidak punya ketiga EO tersebut, boleh memakai salah satunya, atau bisa juga dengan resep: 4 tetes thieves + 4 tetes lemon, atau dengan resep: 5 tetes thieves + 5 tetes peppermint. EO ini juga bisa digunakan untuk anak-anak, namun tidak dengan konsumsi secara oral melainkan hanya mengoleskan 1 tetes thieves di telapak kaki setiap hari setelah mandi pagi.

Ningxia ningxia
Ningxia ini merupakan minuman (bukan EO) yang memang dapat dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak. Minuman ini berguna untuk menjaga stamina tubuh dengan cara (orang dewasa) 1 sachet 60ml ningxia setiap buka puasa setelah minum air putih atau saat sahur setelah minum resep immune booster (pada poin 3). Dan untuk konsumsi anak-anak dapat diberikan 1/2 sachet ningxia, biasanya anak lebih suka jika dibekukan di freezer seperti es).

Stress Away stress away
Stress away dapat digunakan dengan cara di-diffuse atau dioles sebelum tidur malam, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Karena selama bulan Ramadhan ini jam tidur kita berubah. Selain itu bisa juga menggunakan stress away roll on dengan mengoleskan di punggung sebelum tidur malam.

Geranium / Lavender / Ylang Ylang / Rose  skin
Gunakan salah satu dari EO tersebut sebagai face mist agar tetap terjaga kelembaban kulit wajah. Caranya dengan meneteskan 1-2 tetes EO dalam 60ml botol kaca spray distiled water/hydrosol/withhc hazel atau bisa juga dengan menggunakan gentle mist diffuse.

Thieves Mouthwash + Peppermint
Biasanya problematika ketika berpuasa adalah bau mulut yang mulutkurang sedap, jadi untuk menghilangkan bau mulut ketika puasa bisa dengan cara meneteskan 1-2 tetes peppermint ke dalam 60ml botol kaca spray distiled water, lalu jadikan spray mulut. Selain itu menggunakan 1 sendok teh thieves mouthwash dicampur dengan air lalu untuk kumur-kumur guna mencegah bau mulut seharian saat puasa.

Frankincense / Sacred Frankinsence
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan pahala, maka dari itu spiritualuntuk menunjang kekhusyukan dalam beribadah bisa dengan men-diffuse frankinsence atau sacred frankinsence saat waktu ibadah agar lebih khusyuk, lebih tenang dan lebih fokus dalam beribadah. Sebelum ibadah, kita juga bisa meneteskan 1 tetes di telapak tangan, lalu aktifkan EO dan hirup, dapat juga dengan mengoles di pelipis, tengkuk dan leher bagian depan.Selain itu, dapat juga dengan cara meneteskan EO di sajadah.

Resep untuk Ibu menyusui (Fannel + Basil)
Kadangkala meskipun masih menyusui, Ibu juga ingin melakukan ibadah puasa. asiLalu bagaimana dengan kualitas dan kuantitas ASI? Ini dapat disiasati dengan cara meneteskan 1-2 tetes fannel dan basil di bawah lidah saat sahur, ini berguna untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI. Selain itu, ketika mandi, Ibu juga dapat melakukan massage di area payudara dengan 1-2 tetes fennel dan basil.

Resep untuk gangguan asam lambung / GERD / kembung / maag / begah (Peppermint + Lemon; Peppermint + Digize; Peppermint + Thievesstomach
Untuk orang-orang yang memiliki masalah atau gangguan pada pencernaan dan ingin tetap untuk menjalankan ibadah puasa, ada beberapa solusi yang bisa digunakan, caranya sebagai berikut:
Oles 1-2 tetes peppermint di perut untuk membuat rileks perut, dan saat berbuka puasa dengan mencampurkan 3-4 tetes lemon dalam segelas air putih hangat untuk detoks bakteri dalam tubuh.
Oles 1-2 tetes peppermint di perut, serta teteskan 1 tetes digize di bawah lidah, ini bermanfaat untuk menyeimbangkan asam lambung dalam pencernaan kita.
Oles 1-2 tetes peppermint di perut dan dengan mencampurkan 1-2 tetes thieves di dalam segelas air putih hangat, ini bermanfaat untuk menjaga lambung dari virus-virus jahat.

Mengapa EO harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum dipakai?
Karena menurut penelitian mengatakan bahwa EO yang diaktifkan dengan cara memutar 3 kali searah jarum jam, maka EO tersebut ikut bergerak sesuai pola tubuh kita dimana dalam tubuh kita terdapat sel-sel DNA yang secara tidak langsung EO tersebut dengan DNA kita seperti beradaptasi jadi lebih mudah diserap oleh tubuh kita.

Selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah puasa 😉


Informasi ini didapat dari Resume Kelas Zoom Tim Esensi Dari Alam, akan banyak informasi yang bermanfaat lagi serta bisa berkonsultasi jika menjadi member.
Tertarik untuk menjadi member Young Living Essential Oil?
Hubungi saya di Line: @aromaterapialam
Diskon 24% tiap pembelian YLEO untuk member

Share: