Mungkinkah Young Living Essential Oil Menyebabkan Alergi?

Banyak orang yang bertanya-tanya sebelum memutuskan untuk menggunakan Young Living Essential Oil, seperti “Apakah essensial oil dapat menyebabkan alergi?” Alergi itu sendiri merupakan respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Jadi orang yang memiliki riwayat alergi memiliki sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap suatu zat. Disini saya akan membahas mengenai faktor-faktor yang dapat menyebabkan alergi tersebut.

Faktor Penyebab Alergi

  1. Alergen
    Alergen merupakan zat tertentu yang jika bersinggungan dengan tubuh kita maka akan menyebabkan tubuh kita memperlihatkan efeknya, seperti kulit gatal-gatal, memerah, dan sebagainya. Alergen ini biasanya mengandung protein/fatty acid yang pada beberapa orang tidak bisa diterima oleh tubuh, misalnya pada makanan. Alergi ini yang bisa juga karena kita memiliki imunitas tubuh yang berlebih dan ada alergen yang dianggap berbahaya, maka imunitas tubuh ini akan melawan alergennya.Reaksi alergi terhadap penggunaan essential oil sebenarnya hampir tidak ada (kecuali pada kasus-kasus tertentu) karena molekul essential oil yang dihasilkan melalui proses distilasi itu lebih kecil dari pada molekul protein/fatty acid. Namun lain halnya pada essential oil golongan Citrus yang dibuat dengan cold pressed atau essential oil Rose dan Jasmine yang dibuat dengan proses absolute, dimana untuk menghasilkan essential oil tersebut yang dimungkinkan mengandung protein/fatty acid jadi ada sisa protein yang menempel pada hasil essential oil-nya. Hal ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang yang memang memiliki kulit yang sensitif. Selain itu, essential oil dari golongan Citrus yang memiliki sifat detoksifikasi tinggi seperti Lemon, Grapefruit ini juga perlu hati-hati dalam pemakaiannya. Karena bisa jadi saat memakai essensial oil ini untuk mendetoks tubuh dari racun-racun, racun tersebut akan dikeluarkan tubuh bisa melalui kulit seperti terasa gatal-gatal.Pada essensial oil Cinnamon Bark ini mengandung Cinnamaldehyde dimana kandungan ini bisa bergabung dengan protein sehingga dianggap sebagai alergen. Jadi hati-hati dengan penggunaan essential oil Cinnamon Bark ini atau essential oil blend yang salah satu komposisinya terdapat Cinnamon Bark. Karena akan ada sensasi panas/terbakar jika dioleskan langsung pada kulit. Jadi lebih baik di dillute terlebih dahulu dengan V6/carrier oil yang banyak agar tidak menimbulkan merah-merah di kulit.Essential oil seperti Oregano, Thyme dan Clove termasuk ke dalam essensial oil yang panas. Jadi pemakaiannya jika akan diaplikasikan langsung pada kulit seharusnya di dillute dengan menggunakan V6/carrier oil terlebih dahulu.
  2. Efek Placebo
    Efek placebo ini bisa juga diartikan sebagai sugesti negatif. Misalnya seperti pada waktu kita kecil dulu, kita pernah membaui Lavender dan pada saat yang bersamaan kulit kita digigit serangga yang sampai membuat kulit menjadi bentol-bentol. Dari situ sistem limbik kita menangkap dan menyimpan di dalam memori bahwa kalau kita mencium bau Lavender, maka kulit akan menjadi gatal dan bentol, hal ini bisa tertanam sampai dewasa. Inilah yang kemudian disebut dengan respon psikosomatis (reaksi yang paling besar).Lalu bagaimana cara untuk mengurangi sensitifitas terhadap essensial oil? Jadi jika kita akan menggunakan essensial oil, gunakanlah secara bijak. Pakailah essensial oil dalam jumlah yang sangat sedikit, misalnya dengan di diffuse lalu setelah itu tahapan selanjutnya meningkat dengan di oles langsung pada kulit, itu pun harus dengan di dillute menggunakan V6/carrier oil dalam jumlah banyak terlebih dahulu agar membiasakan kulit terpapar dengan essensial oil.Seperti yang dicontohnya tadi, dengan Lavender yang awalnya memberikan efek bentol-bentol di kulit, maka setelah dipaparkan berulang-ulang di kulit lalu dihirup dari mulai jumlah yang sedikit sampai dengan jumlahnya meningkat ternyata setelahnya sistem limbik ini merekam bahwa dengan mengoleskan atau menghirup Lavender akan membuat kita tenang dan nyaman. Di sinilah ada peran fenol yang bertugas untuk membersihkan memori-memori yang tidak baik. Kemudian juga ada seskuiterpen yang bertugas membetulkan bagian memori yang tidak baik tersebut, lalu kemudian monoterpen yang mereset ulang program memori tidak baik tersebut menjadi memori yang baik.
  3. Penggunaan Produk yang Mengandung Zat Kimia Sintetis
    Zat kimia sintetis ini terdapat biasanya pada sabun mandi, sabun cuci piring detergen, kosmetik yang biasa digunakan, dan sebagainya. Paparan zat kimia sintetis ini memang tidak akan langsung terasa, tetapi penggunaan jangka panjang bisa juga menjadi faktor yang menyebabkan alergi.Sebagai contoh, jika kita mencuci tangan dengan menggunakan detergen, maka lama kelamaan kulit kita akan menjadi kering dan bahkan menjadi gatal. Apabila kita memakai essensial oil terutama essensial oil untuk detoksifikasi, maka essensial oil ini bekerja untuk mengeluarkan paparan zat kimia sintetis yang sudah ada tahunan di dalam tubuh kita.Jadi bukan essensial oil yang menyebabkan alergi, tetapi zat-zat kimia sintetis tersebutlah sebagai pemicu alerginya. Malahan dengan menggunakan essensial oil inilah yang justru membantu untuk mengeluarkannya dari dalam tubuh. Kita bisa memulainya dengan menyediakan cuka dapur, baking soda, citric acid sebagai sarana untuk bersih-bersih. Gantilah krim wajah dengan produk kosmetik yang aman, seperti yang dimiliki oleh Young Living yaitu Boswelia Wrinkle Cream, Sandalwood Cream atau Rose Ointment. Jika kita akan mengepel lantai, bisa juga menggunakan campuran cuka dapur dengan air yang diteteskan Thieves atau Purification sebagai desinfektannya.YLEO (Young Living Essensial Oil) ini memiliki essensial oil yang khusus mengatasi masalah alergi yang biasa dikenal dengan Trio Alergi, yaitu Lemon + Peppermint + Lavender. Essensial oil ini dapat digunakan dengan cara di diffuse, dioles atau diminum dalam kapsul.
  4. Vital Energi Flush
    Sebenarnya essensial oil yang dioles ke tubuh dapat membuat tubuh kita jadi memiliki pasukan yang memburu radikal bebas di dalam tubuh. Ketika essensial oil ini menyerang radikal bebas tersebut, maka racun-racunnya dibuang ke hati atau ginjal, dimana di situ organ yang bekerja keras untuk membuang toksin dan menyebabkan reaksi seperti demam, panas – dingin, berkeringat, gatal-gatal, pusing, dan sebagainya.Untuk itu, disarankan untuk meminum air putih yang banyak pada saat baru pertama kali menggunakan essensial oil, agar pembuangan toksin dapat dilakukan dengan maksimal dan tidak ada yang tersimpan di dalam ginjal atau hati.Misalkan dulu sebelumnya tidak alergi terhadap essensial oil, tetapi setelah pemakaian yang agak lama ternyata ada reaksi alergi, bagaimana cara mengatasinya?Jadi, selama kurun waktu tersebut bisa saja ada kondisi dimana tubuh kita tidak bisa mentolerir cuaca atau pun udara, atau bisa juga karena faktor makanan. Maka carilah essensial oil yang bisa mensubstitusi essensial oil yang membuat alergi tersebut. Pakailah essensial oil dari jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Untuk yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, sebaiknya batasi pemakaian V6, meskipun V6 ini merupakan carrier oil yang paling cocok dipakai untuk di dillute dengan YLEO. Namun V6 memiliki komposisi dari almond oil, tapi kalau pun mau untuk mencoba bisa juga dicoba dengan memakainya sedikit-sedikit terlebih dahulu.
  5. Racun di Kulit
    Kulit kita menyimpan racun dari kebiasaan dalam pemakaian kosmetik berbahan kimia sintetis dalam jangka panjang. Jadi jika dioleskan essensial oil, biasanya pada saat awal-awal pemakaian akan terjadi detoks, salah satunya muncul gatal-gatal atau rash di kulit.

Pembahasan mengenai alergi terhadap essensial oil ini dirangkum dari buku “The Essensial Oil Truth, The Facts Without The Hype” karangan Jen O’Sullivan.

Semoga informasi ini dapat membantu dalam memutuskan untuk menggunakan essensial oil di keseharian Anda.


Informasi ini didapat dari Resume Kelas Zoom Tim Esensi Dari Alam, akan banyak informasi yang bermanfaat lagi serta bisa berkonsultasi jika menjadi member.
Tertarik untuk menjadi member Young Living Essential Oil?
Hubungi saya di Line: @aromaterapialam
Diskon 24% tiap pembelian YLEO untuk member

Share: