logo-bp-network-2

Menurut KBBI, komunitas berarti kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu; masyarakat; paguyuban; kelompok atau kumpulan.

Di dalam dunia blogging semakin kesini, semakin banyak komunitas blogging yang bermunculan. Menurut saya, komunitas blogging ini bisa menjadi tempat para blogger bertemu baik secara online maupun offline untuk membahas info-info terkini tentang dunia blogging.

Kali ini saya ingin berbagi alasan kenapa saya memilih untuk bergabung ke dalam sebuah komunitas blogging yang salah satunya adalah komunitas Blogger Perempuan Network:

  1. Menambah motivasi untuk ngeblog
    Sebenarnya saya punya banyak topik yang ingin saya tulis di blog, tapi seringkali semuanya itu hanya berakhir di kepala saja. Ditambah dengan saya memiliki balita sehingga makin sulit mencari waktu dan kesempatan untuk ngetik dengan nyaman, damai dan penuh konsentrasi.
    Membuat blog dan ikut bergabung dalam Blogger Perempuan Network ternyata dapat memotivasi saya agar bisa mengalokasikan waktu untuk rutin menulis. Hal ini saya lakukan dengan membuat jadwal postingan seminggu sekali. Saya harus realistis, karena belum mampu untuk menulis setiap hari. Tetapi karena Blogger Perempuan sedang mengadakan 30-Day-Challenge jadi saya coba menantang diri untuk ikutan. Semoga bisa konsisten mengikuti tantangannya sampai selesai.
  2. Menambah teman dan jaringan
    Di dunia blogging ada istilah blogwalking. Singkatnya, istilah tersebut merupakan aktivitas mengunjungi blog orang lain dengan tujuan membangun relasi antar sesama blogger. Biasanya para blogger sering berkomentar di setiap tulisan blogger lainnya. Menurut saya dengan memperluas jaringan secara otomatis juga memperluas pintu rezeki yang kita dapat. Tidak ada salahnya memperluas pertemanan kan? 😉
  3. Menambah ilmu tentang blogging
    Dengan bergabung di komunitas blogging saya jadi belajar mengenal blog yang sesungguhnya. Jika membahas mengenai blog, ternyata banyak hal yang bisa dibahas seperti tema, template dan desain blog, branding blog, konten yang menarik sampai membahas SEO. Jadi ngeblog itu tidak hanya sekedar menulis dan posting saja loh. Karena kalau kita meng-update ilmu blogging, hal ini bisa membuat blog menjadi lebih baik dan bisa memberikan manfaat kepada para pembaca.
  4. Mendapat kesempatan menghadiri berbagai event
    Menurut saya Komunitas Blogger Perempuan Network merupakan salah satu komunitas blogging yang rutin berbagi ilmu dengan para anggotanya. Komunitas ini juga sering mengadakan acara seperti workshop dan talkshow yang berkaitan dengan perkembangan dunia blogging.
  5. Menambah jumlah pengunjung blog
    Hal ini ternyata tidak kalah penting dari alasan saya untuk ikut tergabung dalam komunitas blogging. Dengan memperluas jaringan dan terus memperbaiki konten pada blog maka dapat dipastikan pengunjung akan bertambah. Sehingga informasi yang diberikan bisa bermanfaat untuk banyak orang.

Sudahkah Anda bergabung dengan komunitas blogging dan merasakan manfaatnya?

Share: