Kenapa Memilih Nama Blog yang Sekarang Digunakan

Menjadi seorang blogger bisa dibilang sebuah hobby bagi saya. Selain itu, menurut saya kegiatan ini bisa menjadi self-therapy yang cukup mujarab. Ketika masih di awal-awal ngeblog, menulis di blog seperti tempat saya mengeluarkan unek-unek, ya seperti sedang menulis di buku diary, hanya saja beda media menulisnya. Makanya sewaktu di awal ngeblog, saya memiliki nama blog yang cukup nyeleneh.

Semakin kesini, semakin banyak perbaikan yang saya lakukan pada blog saya ini. Seperti pindah “rumah” yang awalnya saya menggunakan blogspot lalu pindah menjadi wordpress yang sampai akhirnya di ulang-tahun saya yang ke-** saya mendapat kado dari suami berupa domain dan hosting untuk website saya sendiri; lalu membuat tampilan blog yang simple, rapih dan tidak berat; dan membuat konten yang sebisa mungkin menjadi informatif; serta yang paling penting adalah memilih nama blog.

Jika membahas tentang nama blog, saya lebih memilih nama yang mudah diingat. Jadi jika ada yang bertanya “apa nama blog kamu?” ya saya tinggal menyebutkan nama lengkap saya yang ditambah dengan (dot)com. Karena menurut saya, dalam memilih nama blog semestinya yang tidak ribet dan mudah diingat orang lain, dan yang paling penting itu lo banget serta mewakili isi blog.

Misalnya nama blog saya yaitu kurniawijiastuti.com, semoga ini bukan nama blog saya ribet ya (:p) saya memilih nama blog ini karena isi dari blog ini mewakili diri saya sendiri. Nama blog ini nantinya akan menjadi semacam sebuah identitas. Dilihat dari nama blog dan isinya, bahwa pemilik blog ini adalah perempuan dengan latar belakang kesehatan masyarakat yang baru memiliki anak. Karena  isi blog saya ini membahas mengenai kesehatan, parenting (aduh-didik), metode pendidikan untuk anak, serta yang terkait dengan keluarga. Semoga para pembaca blog saya juga menangkap demikian 😀

Jadi menurut saya bahwa nama blog itu nantinya akan menjadi semacam sebuah identitas, jadi jangan sampai Anda salah memilih nama blog untuk blog yang Anda buat. Jika tidak sudah terlanjur membuat nama blog dan ternyata Anda tidak suka, menggonta-ganti nama blog juga buka solusi yang tepat. Apalagi jika ternyata blog Anda sudah ramai, hal ini bisa membuat para pembaca akan “kabur”. Sayang kan?!

Share: