Kira-kira sekitar 12 tahun yang lalu saya mulai ngeblog. Ini saya lakukan gara-gara membaca buku Kambing Jantan karya Raditya Dika. Pikir saya, sepertinya seru juga kalau ngeblog. Dari situ akhirnya saya mencoba membuat blog yang berisikan cerita sehari-hari. Ternyata benar, saya menemukan keseruan dan keasikan tersendiri dari ngeblog. Saya jadi bisa membaca cerita orang-orang dari segala penjuru dunia dan berkenalan dengan mereka. Benar-benar menambah pengetahuan sekaligus pertemanan.

Namun sayangnya aktivitas ngeblog saya hanya berjalan dua tahun. Banyaknya kegiatan perkuliahan dan kegiatan kampus membuat saya cukup sibuk sehingga tidak dapat membagi waktu untuk menulis di blog. Hal itu membuat saya sperti berada di titik jenuh untuk menulis di blog, selain itu juga tidak ada dukungan dari sekitar untuk saya kembali menulis. Jadi saya vakum ngeblog selama lima tahun.

Selama saya vakum untuk ngeblog, saya malah banyak dipertemukan dengan teman-teman yang ternyata blogger yang masih aktif menulis. Farhanah adalah salah satu teman saya yang mendukung saya untuk ngeblog lagi dengan petuah-petuah yang diberikan. Dan akhirnya, di penghujung tahun 2013 saya mulai ngeblog kembali. Tapi saat itu saya masih belum memiliki tema-tema tertentu untuk tulisannya, hanya cerita sehari-hari dan informasi kesehatan karena latar belakang pendidikan saya adalah kesehatan dan bekerja di lembaga yang bergerak dalam isu kesehatan.

Di tahun 2016, setelah melahirkan anak pertama secara gentle birth, ternyata banyak teman-teman yang penasaran dengan pengalaman saya ini. Karena saya malas menulis cerita satu-satu kepada teman-teman yang bertanya melalui media whatsapp, akhirnya suami saya menyarankan untuk menuliskan pengalaman saya tersebut di blog. Jadi biar ketika ada yang bertanya, tanpa saya menjawab panjang lebar, bisa langsung saya kasih link blog untuk dibaca. Dari sini saya mulai tertarik lagi untuk ngeblog, membahas pengalaman persalinan, kesehatan anak, parenting, dan metode pendidikan.

Sharing is caring… ternyata ada kepuasan tersendiri yang saya rasakan dengan bercerita untuk berbagi pengalaman. Menurut saya dengan berbagi tidak membuat saya berkekurangan, ini malah membuat saya merasa bersyukur dan berkelimpahan. Karena apapun yang kita berikan ke orang lain sebenarnya untuk diri kita sendiri juga. Berbagi tidak hanya dengan uang, karena dengan menulis kita juga bisa saling berbagi. Berbagi cerita dengan menulis di blog juga membuat saya bahagia karena melakukan hal yang menyenangkan untuk diri sendiri dan mungkin juga untuk orang lain. Bagi saya, ngeblog dapat menjadi semacam media release (saluran emosi) sekaligus media untuk berbagi pengalaman, bagaimana dengan Anda?

 

Share: